Nama Dewa Budjana pastinya tidaklah asing di telinga masyarakat Indonesia, terutama para pecinta musik serta musisi Indonesia lainnya. Pria yang mempunyai nama asli I Gede Dewa Budjana ini saat ini masih aktif sebagai personil di grup band terkenal “GIGI”. Berkat keahiliannya memetik gitar dan darah seni yang begitu kental mengalir dalam dirinya membuat setiap karya yang dibuat dan kontribusinya untuk musik karya Gigi sangatlah indah dan enak untuk diperdengarkan. Maka tak mengherankan juka banyak gitaris yang menjadikan Dewa Budjana ini sebagai gitaris idola yang menjadi panutan mereka. Sebutan sebagai mestro gitar Indonesia pun disematkan pada Dewa Budjana ini.

Bila Anda salah satu fans ataupun ingin menjadi seperti Dewa Budjana, kenali terlebih dahulu beberapa fakta menarik dari maestro gitar Indonesia yang satu ini. Berikut ini adalah lima fakta menarik mengenai Dewa Budjana yang harus Anda ketahui:

  1. Budjana Kecil yang Pernah Mencuri Uang Neneknya Guna Membeli Gitar Pertama

Saat masih duduk di bangku sekolah dasar di daerah Klungkung, Bali, saking cintanya pada gita, Dewa Budjana pernah mencuri uang neneknya untuk menambahi uangnya membeli gitar pertama yang dulu harganya masih 10 ribu rupiah. Sejak dipunyainya gitar pertama tersebut, ia lebih mementingkan gitar daripada sekolahnya, bahkan ia nyaris tidak pernah berangkat ke sekolah. Ia belajar sendiri semua teknik dan cara bermain gitar.

  1. Tertarik Pada Gitar Karena Buruh Bangunan

Tidakah Anda mengetahui bahwa Dewa Budjana dahulu mulai tertarik pada gitar karena terinspirasi dari seorang buruh bangunan? Saat itu, Dewa Budjana melihat seorang buruh bangunan yang bernyanyi lagu-lagu Deddy Dores sambil bermain gitar. Siapa sangka? Saat itu dia sangatlah terkesan dan bertekad untuk mencoba dan mempelajari gitar lebih lanjut. Lagu dari Deddy Dores inilah yang menjadi bahan pelajarannya dalam mempelajari gitar sejak SD dahulu.

  1. Sempat “Menggelandang” di Jakarta

Sekitr tahun 1984, Dewa Budjana pergi ke Jarkarta dengan bermodalkan dikenalnya beberapa teman di sana, seperti Andi Ayunir dan juga Erwin Gutawa. Pada awalnya, ia yakin saat pergi ke Jakarta namun ia menyadari bahwa Jakarta merupakan tempat yang sulit. Hal tersebut membuat dirinya pernah “menggelandang” hingga akhir tahun 1984.

  1. Salah Satu Pioner Pembentuk Grup Band Gigi

Secara resmi, GIGI resmi terbentuk pada tahun 1994. Dewa Budjana mengaku bahwa terbentuknya GIGI ini tanpa ada unsur kesengajaan. Hal tersebut karena ia bertemu dengan Thomas dan Ronald di Music dan mempunyai ide untul belatih bersama hingga akhirnya mencetuskan pembentukan band GIGI ini.

  1. Sebenarnya Berlatar Belakang Musik Klasik

Dewa Budjana sebenarnya lebih banyak memainkan musik Jazz, namun setelah ia membentuk GIGI, ia lebih banyak memainkan musik pop-rock. Hal tersebut tidaklah disesali oleh Dewa Budjana karena ia menyukai semua genre musik tersebut. Disela-sela jadwal padanya di grup band GIGI, ia masih tetap memainkan  musik klasik tersebut.

Demikianlah itu tadi merupakan lima fakta menarik tentang maestro gitar Indonesia, Dewa Budjana yang harus Anda ketahui. Tentunya setelah mengetahui kelima fakta tersebut Anda menyadari betapa kerasnya perjuangan dan semangat Dewa Budjana ini merintis karirnya di dunia musik Indonesia. Anda yang mengaku fans berat ataupun berkeinginan menjadi seperti Dewa Budjana, sudah sepantasnya mengetahu fakta-fakta menarik mengenai dirinya tersebut. Anda juga akan termotivasi untuk berjuang keras mengapai cita-cita Anda seperti yang dilakukan oleh Dewa Budjana ini.

Please follow and like us:

One comment

Fakta Menarik dari Maestro Gitar Dewa Budjana yang Harus Anda Ketahui

  1. udah lama ini si budjana min wakakka ga nyangka saya ketemu orang bikin artikelnya terima kasih ya min lumayan nambah wawasan juga min

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *