Berbagai jenis group band baru terus bermunculan setiap tahunnya di Indonesia. walaupun semakin banyak group band baru yang bermunculan, tetapi eksistensi group band besar di Indonesia juga tetap bertahan. Salah satu group band besar yang sudah lama ada di Indonesia dan tetap terus bertahan sampai saat ini adalah Group Band Slank.

Group Band Slank sendiri sudah ada di dunia musik Indonesia lebih dari tiga puluh tahun. waktu yang sangat lama tentunya untuk sebuah band bisa bertahan dalam dunia musik di Indonesia. Slank sendiri adalah group band yang berdiri pada tahun 1983 tepatnya pada 26 Desember oleh Bimbim. Pada saat itu bimbim merasa bosan untuk mengcover band lain dan berusaha ingin membuat lagu sendiri sehingga terbentuklah Group Band Slank.

Sebelum bernama slank, cikal bakal dari group band ini adalah cikini stone complex atau CSC di awal tahun 80an. Band tersebut pada awalnya hanya memainkan berbagai lagu dari rolling stones saja dan tidak ingin memainkan lagu dari group ban yang  lainnya sehingga mereka menjadi jenuh. Kemudian pada akhir 1983, group tersebut dibubarkan.

Bimbim terus bermusik bersama saudaranya yang bernama denny serta erwan yag kemudian membentuk band dengan nama red evil dimana kemudian berubah nama menjadi slank. Asal kata nama slank adalah dari ejekan orang yang mengatakan mereka adalah cowok yang selengekan. Setelah itu terdapat personil baru yaitu Bongky pada gitar serta kiki juga pada gitar.

Markas besar slank pada saat itu adalah pada rumah Bimbing tepatnya di Jalan Potlot 14. Slank sendiri sudah tampil dalam beberapa pentas dengan membawa lagu mereka sendiri yang kemudian pada akhirnya erwan memilih untuk mundur karena merasa slank tidak memiliki harapan.

Kemudian dibuatlah formasi yang ketiga belas yang solid sampai sekarang ini berupa bimbim pada drum, Bongky pada bass, pay pada gitar, kaka pada vokal serta indra pada keyboard. Formasi tersebut terus berusaha membuat berbagai demo yang ditawarkan pada perusahaan rekaman.

Mereka terus mengalami penolakan hingga akhirnya pada tahun 1990, demo mereka diterima serta memulai rekaman. Slank sendiri telah membuat lebih belasan album sejak diterima di dapur rekaman. Berikut adalah beberapa album dari slank :

  • Gadis sexy pada tahun 1990
  • Kampungan pada tahun 1991
  • Piss pada tahun 1993
  • Generasi baru pada tahun 1994
  • Minoritas pada tahun 1996
  • Lagi sedih tahun 1997
  • Tujuh pada tahun 1998
  • Mata hati reformasi pada tahun 1998
  • 999+09 volume 1 serta 2 pada tahun 1999
  • Virus pada tahun 2001
  • Satu satu pada tahun 2003
  • Bajakan pada tahun 2002
  • L.U.R pada tahun 2004

Berbagai album diatas hanya beberapa dari album yang dikeluarkan oleh slank. Anda masih bisa menikmati lagu slank sampai dengan saat ini. Group band ini terus mengeluarkan karyanya dan terus eksis sampai dengan saat ini.

Fans mereka terus setia dan berkembang di Indonesia. Ada banyak fans dari slank yang selalu hadir meriahkan konser dari slank di berbagai daerah di Indonesia.

Pada tahun 2008, slank mulai merealisasikan rencana mereka untuk go internasional dengan berkolaborasi bersama the big hip yang merupakan band yang berasal dari Jepang. Album yang dihasilkan adalah the big hip. Pada album tersebut, slank memakai tiga jenis bahasa yaitu Indonesia, jepang serta Inggris. Album tersebut adalah bentuk upaya dari slank untuk tetap eksis dan menambah pengaruh mereka.

Cuplikan Video Group Band Slank

Please follow and like us: