Kali ini kami akan membahas tentang Perkembangan Musik Keroncong. Musik adalah salah satu hal yang tidak terlepaskan dari sejarah kehidupan manusia, termasuk di Indonesia. Anda bisa melihat bagaimana musik daerah mewarnai kebudayaan di Indonesia. Hampir setiap peradaban memiliki perkembangan musik yang berbeda. Berbagai musik daerah di Indonesia terus mengalami perkembangan sampai dengan sekarang ini.

Anda bisa melihat bagaimana musik di Indonesia selalu mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satu musik yang juga dipengaruhi oleh kebudayaan bangsa lain dan bertahan sampai dengan sekarang ini adalah musik keroncong. Tentunya hampir setiap orang di Indonesia mengenal musik keroncong dengan baik, bahkan musik keroncong sendiri sudah dikenal sampai dengan keluar negeri.

Ada banyak penyanyi berbakat yang terus mengembangkan musik keroncong. Walaupun musik keroncong tergolong musik yang sudah lama ada di Indonesia tetapi terus bisa bertahan dan dinikmati sampai sekarang ini. musik keroncong merupakan sebuah musik yang khas dengan Indonesia. Anda tetap bisa menikmati musik keroncong sampai sekarang ini.

Musik keroncong sendiri merupakan musik yang dimainkan dengan instrumen dari musik dawai, flut serta juga vokal. Dahulu musik keroncong dianggap sebagai musik yang hanya dinikmati oleh orang yang sudah tua saja, tetapi seiring dengan berkembangnya jaman dan banyak penyanyi keroncong baru yang bermunculan maka sekarang ini musik keroncong bisa dinikmati oleh semua orang. Musik ini sendiri sudah dikenal di tingkat internasional sebagai musik yang berasal dari Indonesia. Terdapat asal usul dari musik keroncong yang harus diketahui oleh orang Indonesia.

Musik keroncong sendiri merupakan musik yang dipengaruhi oleh kebudayaan portugis dimana dipengaruhi dengan sejenis musik portugis yang bernama fado. Musik ini dikenalkan oleh para pelaut serta budak dari kapal niaga yang dikenal sejak abad keenam belas. Musik ini dibawa oleh para pelaut dari India kemudian masuk ke selat malaka.

Walaupun pengaruh portugis melemah dan kemudian hilang di Indonesia, bukan berarti musik keroncong juga hilang di Indonesia. Musik keroncong sendiri seiring dengan berkembangnya jaman juga dipengaruhi oleh berbagai alat musik tradisional khas di Indonesia. Salah satu alat musik daerah yang ditambahkan dalam musik keroncong adalah seruling dan juga beberapa perangkat gamelan.

Sampai dengan abad ke 19 musik ini sudah semakin dikenal di tingkat nasional sampai dengan ke semenanjung malaya. Musik ini semakin pada tingkat kejayaannya ketika di era 1960an. Walaupun semakin banyak jenis musik dari luar yang bermunculan, tetapi musik keroncong tetap dinikmati oleh berbagai jenis lapolisan masyrakat yang ada di Indonesia dan juga Malaysia. Perkembangan musik keroncong ditandai dengan bermunculannya berbagai jenis penyanyi keroncong di Indonesia.

Dalam beberapa kesempatan dan acara televisi, Anda masih bisa menikmati musik keroncong yang semakin modern. Anda bisa menikmati berbagai jenis hiburan tetapi tentunya tidak boleh menikmati musik keroncong yang berasal dari Indonesia. Musik keroncong yang awalnya dibawa oleh bangsa portugis, kemudian dicampur dengan berbagai jenis alat musik dari Indonesia. Berbagai jenis alat musik dari Indonesia yang bercampur dengan musik keroncong adalah :

  • Star India
  • Rebab
  • Gamelan
  • Gong
  • Suling Bambu

Sedangkan untuk musik keroncong yang bisa Anda nikmati saat ini semakin berkembang. Terdapat beberapa alat musik tambahan yang ditambahkan dalam orkerstra keroncong. Beberapa alat musik tersebut seperti misalnya gitar akustik, biola, ukulele, flut, dan berbagai jenis alat musik modern lainnya.

Cuplikan Video Perkembangan Musik Keroncong

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *